jump to navigation

Fluoride Berbahaya??? November 23, 2009

Posted by halogengroup in Uncategorized.
trackback

Menggosok gigi merupakan suatu kebiasaan yang tidak akan pernah hilang dari dulu sampai sekarang karena hal tersebut adalah kebiasaan yang mutlak. Kebiasaan ini diajarkan sejak kecil agar gigi tetap sehat. Produk pasata gigi yang banyak mengandung fluoride dipercaya bisa membuat gigi tumbuh dengan baik dan sehat. Namun, bagaimana sebenarnya dampak dari fluoride itu sendiri? Apakah berbahaya atau tidak?

Ternyata setelah diteliti oleh beberapa ahli, fluoride memiliki tingkat kebahayaan yang cukup tinggi bahkan bisa menyebabkan seseorang menderita kanker jika diketahui mengonsumsi fluoride terlalu banyak. Pada anak-anak pun dampaknya sangat banyak, salah satunya menyebabkan gigi keropos atau fluorisis.

Fluoride yang banyak digunakan adalah jenis Sodium Monofluoro Fosfat atau Sodium Fluoride, dengan kadar 250-800 ppm. Fluor merupakan salah satu bahan pasta gigi yang berfungsi memberikan efek detergen disamping bahan abrasi sebagai pembersih mekanik permukaan gigi dan pemberi rasa segar pada mulut. Sementara bahan lainnya Sodium Bikarbonat dan Baking Soda sebagai alkalin untuk mengurangi keasaman plak dan mencegah pembusukan, sedangkan pemutih, pemberi rasa dan sebagainya merupakan bahan tambahan.

Di beberapa negara Eropa penggunaan fluoride ini mulai dikurangi karena dampaknya sangatlah buruk. Namun sayangnya di Indonesia tingkat penggunaannya masih sangatlah tinggi. Bahkan pasta gigi untuk anak-anak pun masih dalam taraf yang cukup besar yaitu 800-1500 ppm. Padahal seharusnya penggunaan fluoride dalam pasta gigi berkisar di bawah 500 ppm apalagi pada anak-anak. Akan tetapi lebih anehnya lagi, pasta gigi untuk anak-anak justru memiliki fluoride yang lebih banyak karena adanya penambahan rasa buah-buahan. Dan lebih parahnya lagi, terkadang anak-anak suka menelan pasta gigi mereka sehingga dampaknya paling bahaya pada anak-anak walaupun belum kelihatan.

Beberapa efek dari fluoride :

• Gigi Fluorisis (keropos)

• Kerusakan gigi (pada stadium lanjut gigi bergaris-garis seperti lubang)

• Dapat menyebabkan turunnya IQ pada anak-anak

• Penuaan dini

• Tulang yang rapuh

• Osteoporosis (keropos tulang)

• Kanker

Jadi sebenarnya fluoride itu sangat berbahaya dan tidak memberikan efek menyehatkan pada gigi dan tulang manusia. Namun fluoride masih bisa digunakan dalam pasta gigi dalam ambang batas yang telah ditentukan yaitu di bawah 500 ppm dan hindari pemberian pasta gigi pada anak-anak di bawah umur lima tahun. Awasi setiap penggunaan pasta gigi anak-anak. Jangan sampai tertelan dan jauhi barang-barang yang mengandung fluoride di atas 500 ppm.

Semoga kita bisa lebih cerdas dalam memilih pasta gigi sehingga kita masih berada dalam batas aman. Namun jika Allah berkehendak lain, who knows? Yang penting kita sudah berusaha. Iya kan teman-teman?

Komentar»

1. abduh - November 26, 2009

adakah pengganti flouride yang baik?

halogengroup - November 29, 2009

sejauh ini belum ditemukan zat yang dapat menggantikan fluoride karena fluoride masih bisa digunakan dalam ambang batas yang aman.
para peneliti memang menemukan banyak bahaya dari fluoride tapi belum menginformasikan pengganti dari fluoride itu sendiri.
hal itu bisa mendorong kita untuk segera lulus dan meneliti apakah ada atau tidak pengganti fluoride itu,iya kan teman? ^_^

2. ayuwe - November 27, 2009

gejala awal yang ditimbulkan dari pemakaian flouride yg terlalu banyak itu apa??

halogengroup - November 29, 2009

gejala awalnya sih bisa bermacam-macam, namun biasanya terjadi kerusakan gigi secara perlahan bahkan ada yang sampai keropos (fluorisis)
jadi, yang tadinya mau menyehatkan gigi eh malah jadi bahaya,,,,
tapi kalau digunakan dalam taraf yang aman fluoride memang bisa mencegah gigi berlubang

3. isa - Juni 29, 2010

baik/solusi nya gimana dong…?
gosok gigi pa ga usah sama sekali aja! hehehe pake kapur sirih aja x y,,,,,.

4. kyuu - Oktober 7, 2010

Great blog @ halogengroup

pake siwak ja, sunnah rasul. Kalo ga salah dlu q pernah lihat d tv, siwak dah ada yg dlm bntuk pasta gigi..😀 @isa

5. Aisyah - Maret 10, 2012

Aku jadi takut pke pasta gigi yang berflouride, kan biasanya saat kita menggosok gigi pasti ada substansi-substansi kecil yang muncrat dan aku takut ada yang muncrat ke tenggorokan. Apa kamu tahu pasta gigi apa yang ada di Indonesia yang tidak mengandung flouride??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: